Intel Core i9: Andalan Intel Untuk Komputer Desktop

Intel Seri Core X ada dalam beragam pilihan. Tetapi, seri yang paling dibanggakan yaitu Core i9 Extreme seharga US$1. 999 (sekitaran Rp 26, 6juta). Chipset ini yaitu processor desktop pertama yang tawarkan 18-inti serta 36-thread.

Untuk seri paling murah, keluarga Core X diawali dengan Core i5-7640X. Processor ini dilego seharga US$242 atau sekitaran Rp 3, 2 juta yang tawarkan 4 inti serta 4 thread.

Intel Core i9: Andalan Intel Untuk Komputer Desktop

Setelah itu ada Core i7 X-Series, yang di tawarkan dari mulai cip berinti 8 dengan 16-thread, sampai seharga US$599 (sekitaran Rp8 juta).

Sesaat untuk Core i9, Intel tawarkan empat jenis. Tetapi, ke-4 jenis ini tidak termasuk juga i9 Extreme yang sudah isebutkan terlebih dulu. Empat type ini dari mulai harga US$999 (sekitaran (Rp13 juta) untuk 10-inti/16-thread. Seri teratasnya dilego US$1. 699 atau sama dengan Rp22, 6 juta untuk 16-core/32-thread chip.

Semua processor desktop Core X baru ini didesain untuk jalan di atas chipset motherboard Intel X299. Chipset ini juga akan keluar pada beberapa produk mitra dalam sebagian minggu ke depan berbarengan dengan penjualan processor ini ke pasar.

Bicara masalah arsitektur, semuanya chipset Core X ini dibuat berdasar pada versus terbaru Intel Skylake X. Sesaat dua type terikuth deretan processor ini dibuat dengan arsitektur Kaby Lake X. Keduanya yaitu processor dengan empat inti ; i5-7640X serta i7-7740X.

Tehnologi Turbo Boost juga diperbaharui oleh Intel dengan Turbo Boost Max 3. 0. Lagi-lagi, pembaruan ini cuma dikerjakan di beberapa jenis processor Core X saja. Intel mengutamakan kalau penambahan inti pada jenis Core X spesifik juga akan tingkatkan perform multitasking.

Sesaat tehnologi Turbo Boost Max 3. 0 meyakinkan setiap inti dapat menjangkau perform yang sudah ditingkatkan itu. Jadi catatan, Intel mengklaim kalau seri Core X ini 10 % lebih cepat pada perform multithread di banding generasi terlebih dulu. Processor seri ini 15 % lebih cepat pada thread tunggal.

Terkecuali menginformasikan processor high-end Core X, Intel juga berikan sebagian pembaruan masalah deretan processor mainstream generasi ke delapan mendatang. Isunya, chipset ini juga akan diberi nama Coffee Lake.

Terlebih dulu, processor ini dijanjikan miliki penambahan perform sebesar 15 % daripada seri generasi ke delapan Kaby Lake. Tetapi tempo hari Intel menginformasikan kalau penambahan performnya jadi semakin besar, sampai 30 % tambah baik dari Kaby Lake. Masih tetap belum juga terang kapan cip Coffee Lake ini juga akan keluar di market.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *