Belajar Menjadi Hacker : Jaringan Dasar yang wajib kamu kuasai

Dalam praktek lapangan, tanpa ada mengetahui pengetahuan jaringan agak tidak mungkin untuk Calon Hacker untuk lakukan peretesan, terlebih bila targetnya tidak ada di jaringan yang sama, jadi makin banyak juga yang perlu di ketahui si hacker mengenai pengetahuan jaringan computer.

Pada saat ini MeretasDC juga akan mengulas jaringan basic minimum yang perlu dikuasai bila anda menginginkan belajar jadi Hacker. pertama :

Pelajari IP ADDRESS

Belajar Menjadi Hacker : Jaringan Dasar yang wajib kamu kuasai
IP address atau Internet Protocol Address yaitu system peng-alamatan satu piranti dengan memakai angka jadi jati diri. IP ADDRESS telah sempat dibicarakan komplit pada artikel Pengertian IP Address.

Zaman saat ini semuanya piranti digital sudah diberi kartu jaringan hingga bisa mempunyai ip addressnya masing masing, itu penyebabnya semuanya piranti itu bisa berkomunikasi keduanya lewat jaringan internet.

IP address yang umum dipakai biasanya terdiri jadi tiga kelas, yakni :

Kelas A : 1. 0. 0. 0 – 126. 255. 255. 255
Kelas B : 128. 0. 0. 0 – 191. 255. 255. 255
Kelas C : 192. 0. 0. 0 – 223. 255. 255. 255

(yang bercetak tebal yaitu Network, serta yg tidak yaitu sisi Host.)

Penentuan kelas IP Address untuk jaringan lokal umumnya dilandasi oleh jumlah network serta hostnya. (silakan baca artikel pengertian IP Address untuk mengerti apakah itu network serta host). Umpamanya perusahaan MDC cuma mempunyai 2 cabang serta untuk tiap-tiap cabangnya diperlukan banyak IP Address jadi yang diambil yaitu kelas A karna jumlah hostnya yang begitu besar.

Umpamanya sekali lagi perusahaan MRTS mempunyai cabang yang banyak tetapi setiap cabangnya cuma membutuhkan sedikit ip jadi kelas C mungkin saja pilihan karna jumlah networknya yang besar serta hostnya yang sedikit.

IP address yang banyak digunakan sekarang ini yaitu versus 4, penulisannya seperti yang kita dapat simak diatas. walau dapat hasilkan milyaran angka nyatanya jumlah IP Address itu terbatas serta dipandang kurang bila dibanding dengan jumlah manusia sekarang ini.

Oleh karena itu system buat supaya ada IP Address yang dapat diulang serta diulang sekali lagi pada jaringan lokal semasing tempat.

IP Address itu dimaksud IP lokal. sudah pasti IP Address itu tidak bisa di pakai jadi jati diri di Internet. tujuan pembuatan ip lokal yaitu supaya keperluan ip address disemua piranti tercukupi.

ini contoh dari ip address yang umumnya di gunakan di jaringan lokal :
10. 0. 0. 0 – 10. 255. 255. 255
172. 16. 0. 0 – 172. 31. 255. 255
192. 168. 0. 0 – 192. 168. 255. 255

Lantas bagaimana langkahnya supaya jaringan lokal barusan dapat tersambung ke internet?
Agar bisa berkomunikasi ke Internet ip lokal barusan mesti dirubah dalam bentuk IP Public memakai pertolongan piranti NAT.

Hingga di sini paling tidak kita dapat membedakan yang mana IP LOKAL serta yang mana IP PUBLIC.

Belajar NAT

NAT atau Network Address Translation yaitu satu system yang berperan untuk buat IP lokal anda jadi diwakili oleh satu IP Address yang beda.

Dalam networking peranan NAT dipakai supaya jaringan lokal kita tersambung dengan jaringan internet. Nat ini adalah satu diantara feature di dalam router.

Belajar Menjadi Hacker : Jaringan Dasar yang wajib kamu kuasai

Contoh di satu kantor A (ip public 36. 66. 228. 222) anda menggunakan computer dengan ip lokal 192. 168. 1. 19 untuk searching, jadi ip address anda serta rekan rekan satu kantor anda yang terdeteksi di internet yaitu ip public kantor anda yakni 36. 66. 228. 222

Dengan kata beda di Internet ip lokal itu diwakilkan oleh IP Public.
lantas bagaimana langkahnya supaya koneksi dari luar dapat di tujukan ke satu diantara computer kita yang memakai IP Lokal?
hal semacam ini seringkali di tanyakan oleh calon hacker yang coba metasploit serta tool-tool pentest yang lain.

Jawabnya, NAT dapatlah ditugaskan untuk mengatasi hal itu. umpamanya dengan lakukan port forwarding juga akan buat koneksi dari luar yang terhubung ke ip umum juga akan diteruskan ke ip lokal yang anda tetapkan bersama dengan portnya.

PORT

Kita sudah tahu peranan dari IP Address yakni jadi jati diri piranti. nah port yaitu turunan dari jati diri piranti itu yang umumnya mewakili service-service yang berada di piranti itu.

port di catat dibelakang ip address serta dipisahkan sinyal “titik dua” begini,
192. 168. 1. 5 : 5900, di mana 5900 yaitu port dari service VNCSERVER.

analoginya IP address adalah alamat satu apartement lantas port yaitu beberapa nomor apartment nya.
Di apartment 22 ada ibu bernama sisih yang kerjanya jalan jalan serta senantiasa memakai pakaian berlapis lapis. sedang apartment 80 ada ayah wowo yang memiliki tokobuku. jadi bila anda mencari buku anda mesti menuju kamar 80.

Sekurang-kurangnya ini port default yang baiknya anda ingat
20 FTP
21 FTP
22 SSH
23 Telnet
25 SMTP
53 DNS
80 HTTP
88 Kerberos
110 POP3
123 NTP
135 Microsoft’s RPC
137-139 Microsoft’s NetBIOS
143 IMAP
161 SNMP
389 LDAP
443 HTTPS or HTTP over SSL
445 SMB
514 syslog
3389 RDP
5900 VNCSERVER
5901 VNCSERVER

Penomoran port itu tertulis seperti di atas dengan default, tetapi administrator jaringan mungkin idnlive menggantinya dengan angka beda dengan argumen keamanan.
Umumnya Hacker memakai tool penambahan untuk lihat port apa sajakah yang terbuka dengan memakai nmap hingga service apa sajakah yang digerakkan di mesin tujuan bisa di ketahui.

Misalnya, pada service http data yang berlalu lalang tidak terenkripsi hingga mempunyai kerentanan pada tool pemantau data seperti Wireshark, dalam hal semacam ini password atau data peka yang anda unggah mungkin saja tengah dipantau oleh hacker. Tehnik itu umum dimaksud dengan SNIFFING. Berlainan dengan http, https lakukan enkripsi hingga lebih aman.

Mengerti DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol yaitu protokol yang berperan untuk membagikan atau meminjamkan alamat IP Address dengan automatis pada client computer yang tersambung.

Bila jaringan kita tidak mempunyai DHCP Server jadi diperlukan settingan manual pada masing-masing computer yang berada di jaringan itu.

Dengan memakai server dhcp jadi alamat ip yang juga akan di berikan juga akan dinamis atau berubah-ubah sesuai sama range yang di atur sang administrator, mekanisme berikut yang diaplikasikan pada pembagian IP Jaringan Seluler atau ISP (Internet Service Provider) yg tidak memberi feature ip public statis seperti speedy, indihome dll.

Jadi biasanya ip public yang diperoleh dari ISP juga akan beralih ganti atau tidak tetaplah.
sedang anda memerlukan ip public statis untuk jadi server di internet.

Contoh masalah : Dengan tipu daya psikologi yang anda punyai anda sukses membujuk supaya rekan anda meng-install aplikasi android yang sejatinya memiliki kandungan backdoor. Pada backdoor itu sudah anda setting LHOST sesuai sama IP PUBLIC anda.
(anda dapat mengecek ip public di whatismyip)

Jadi mungkin saja anda sukses mengeksploitasi tujuan untuk sesaat saat, namun pada saat selanjutnya nyatanya IP PUBLIK anda beralih karna IP itu adalah IP Public yang Dinamis. Automatis backdoor yang tertanam jadi tidak bermanfaat karna konfigurasinya menuju IP yang telah berlainan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *